Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers

10.11.15

Pemeriksaan mata pada anak

Sebelum mengetahui bahwa Alifa terdiagnosa katarak, sepertinya saya hampir belum pernah pergi ke dokter mata. Seingat saya pertama kali saya pakai kacamata waktu SMU kelas 1 atau kelas2 itupun pemeriksaan mata dilakukan di optik.

Dalam proses pemeriksaan mata pada alifa, akhirnya dalam waktu sebulan sayapun telah mengunjungi 4 dokter mata di tempat yang berbeda..

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman melakukan pemeriksaan mata pada anak saya..yang mungkin dapat bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannya..

Berdasarkan brosur dan artikel2 yang saya baca, anak di bawah usia 4 tahun belum dapat mengeluhkan gangguan penglihatan yang ia alami.. Oleh karena itu patut waspada terhadap tanda-tanda seperti sering mengernyitkan mata / nyureng apabila melihat sesuatu, melihata barang dari jarak dekat (mendekatkan barang ke matanya), dll...

1. Dr Tri Ayu Spm di RS Hasanah Graha Afiah (Depok)

Pertama kali dokter mata yang saya kunjungi adalah dokter Tri Ayu Spm di RS Hasanah Graha Afiah..pada saat itu saya sama sekali tdk memiliki dugaan gangguan penglihatan serius pada alifa..saya menyangka mungkin alifa memiliki minus/ plus pd matanya (itu saja cukup membuat deg2an)

Dokter tri ayu adalah dokter pertama yang mendiagnosa alifa mengalami katarak, dimana pada saat itu saya sangat terkejut dan spontan menangis di ruangan periksa. Beliau memberikan penjelasan yang sangat komprehensif dan komunikatif. Beliau jg memberikan saya rekomendasi beberapa dokter mata untuk pemeriksaan alifa lebih lanjut.. Beliau juga memberikan nomor hp pribadinya yang memungkinkan saya untuk berkonsultasi lebih lanjut melalui telepon. Dokter tri ayu sangat helpful dan komunikatif.. Beliau jg ramah pada anak-anak. Pada pemeriksaan ini alifa sangat kooperatif dan mau diperiksa.. Bahkan alifa duduk sendiri di kursi periksa krn saat itu mama menggendong alby yang sedang tidur.. *proud of you my darling

(Biaya konsultasi krg lebih 150rb)

2. Prof Rita Sitorus Spm di RS Pondok Indah

Dokter kedua yang saya kunjungi bersama suami adalah Prof. Rita Sitorus di RSPI beliau sebenarnya praktek di rs mata aini dan rscm. Namun karena saya mencari jadwal yang pas pada hari sabtu beliau hanya praktek di rspi dikarenakan baru pulang dari India.

Berdasarkan rekomendari dari Om suami saya yang berprofesi dokter mata juga kami pun menemui Prof Rita untuk konsultasi.

Di rspi alifa ditetes matanya terlebih dahulu..hal ini semacam prosedur untuk pemeriksaan mata pada anak, namun ini membuat alifa menjadi menangis dan sulit diperiksa karena ada rasa tidak nyaman..

Diagnosa dari dokter memang benar ada katarak namun pemeriksaan sepertinya blm dpt dilakukan dengan seksama karena alifa bergerak gerak..dan disarankan utk datang ke rscm pd hari senin.

(Biaya konsultasi dokter krg lebih Rp. 400rb)

2 hari kemudian pada hari senin kami pun datang ke rscm untuk menemui prof rita utk pemeriksaan selanjutnya.. Namun di rscm suami tdk dapat parkir sehingga kami pun memutuskan untuk ke JEC (Jakarta Eye Centre) di menteng.

3. DR Gusti Suardana di JEC

Kami menemui dr Gusti berdasar rekomendasi dari suami teman saya yang berprofesi sebagai dokter anastesi dan pernah bertugas di JEC. Menurut beliau hasil operasi mata anak yang dilakukan dr gusti sangat bagus. Oleh karena itu kami pun menemui dr gusti.

Akan tetapi di JEC alifa kembali ditetes mata dan lagi lagi ini membuat alifa tidak nyaman.. Pemeriksaan kembali dilakukan namun agak sulit karena alifa bergerak gerak..

Kemudian dilanjutkan dengan USG mata dgn dokter lain.. Entah kenapa sangat disayangkan Suami masih merasa blm mendapatkan penjelasan detail yang dibutuhkan..

Rumah Sakit Jakarta Eye Center
Menteng/ Kedoya

Telp. 021 29221000

Biaya konsultasi dokter krg lebih 450rb blm termasuk administrasi, usg mata Rp 660rb/mata

4. Dr Amir Shidik Spm (subspesialis katarak) di SMEC Rawamangun (juga praktek di rs premier jatinegara & RSCM)

Setelah suami pulang dari tugas ke luar kota sayapun mendaftarkan alifa kembali utk pemeriksaan mata di SMEC Rawamangun dengan dr Amir Shidik spm subspesialis katarak. Saya menemui dr Amir berdasarkan rekomendasi dari dr tri ayu di RS HGA.

Kesan saya ketika datang di SMEC justru cukup mengejutkan..suasana yang homy dan friendly meskipun SMEC tdk sebesar JEC namun ruang tunggu baik di lobby maupun di atas cukup lapang dan nyaman.. Pelayanannya jg sangat memuaskan. Masing masing pasien ditemani 1 staff khusus yang mengantarkan kami dari lantai bawah ke atas bahkan hingga melakukan pemeriksaan di ruang dokter hingga melakukan pembayaran di kasir.. Hal ini merupakan suatu pelayanan yang menarik dan membuat nyaman

Di SMEC sayapun memutuskan untuk sekaligus melakukan pemeriksaan mata pada Alby dgn dokter mata anak dr D.A.N. Chandrasari yang juga sangat ramah dan komunikatif.. Menyambut dengan hangat dan melakukan approach yang ramah kepada anak.. Just what I expected when I go to a pediatrician or pediatric opthamologist.. Ramah pada anak dan juga komunikatif..

Selepas memeriksakan mata alby..saya dan suami dipanggil utk menemui dr Amir Shidik yang juga komunikatif dan dapat menjawab pertanyaan2 yang selama ini ada di benak saya dan suami mengenai kasus alifa

SMEC Rawamangun Jalan Pemuda
No tlf smec 0214714848
Biaya konsultasi Rp.160.000 administrasi Rp.40.000 (usg mata berdasar informasi Rp.300.000)

Namun sayangnya di SMEC tdk dpt dilakukan prosedur operasi mata katarak untuk anak. Entah kenapa alasannya kalau tdk salah karena harus bius total/bius umum. Apa krn tdk ada dokter anastesi sy jg agak lupa alasannya knp. Jadi apabila kami akan melakukan operasi dengan dokter amir maka alternatifnya bisa di RS HGA depok, di RSCM atau RS Premier Jatinegara.

4 komentar:

  1. Bun, anaknya usia berapa? Ini saya sangat khawatir. 2 Mingguan ini, mata anak saya sering berkedip. Intensitasnya sangat sering. Baru 2th.

    BalasHapus
  2. Maaf baru balas.. sdh lama ga buka blog. Anak Saya ketauannya usia 3 thn krg bun. Gejala awalnya suka jatoh2 kalo jalan.. Dan ga menghindari klo ada Mobil. Trus suka mengernyitkan mata. Coba dicek ke dokter Mata saja bun.. mdh2an tdk apa2 ya

    BalasHapus
  3. Salam kenal Bun,saya juga sama pengalamanya kayak bunda anak saya jd d diagnosa mengidap katarak,jalan satu2ny cm operasi kt dr,anak bunda gmn Bun AP sudah oprasi

    BalasHapus
  4. Bun anak saya umur 2.8 tahun. Dari lahir nyampe sekarang mata anak saya sebelah kiri belekan terus.. kenapa ya bun

    BalasHapus