Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers

7.11.15

My daughter was diagnosed... (part 1)

Kisah ini adalah tentang putri kecilku yang berusia 2 tahun 11 bulan.. Ia lahir pada 7 desember 2012.. Tepat sebulan lagi Alifa akan berusia 3 tahun..

Alifa kami beri nama Alifa Mecca Rinaldo. Alifa lahir pada hari Jumat dini hari sehingga menurut papanya "Alifa" berarti Alhamdulillah It's Friday! Selain itu alifa pun berarti friendly..senang berteman.. Kami berharap alifa menjadi anak yang senang berteman.. Mecca atau Mekah adalah sebuah tempat yang kami idamkan dapat kami kunjungi suatu saat.. Semoga keluarga kami diberi kesempatan untuk dapat berkunjung ke Baitullah.. Rinaldo.. Tentu berasal dari nama papanya Edo Rinaldo.. dimana dalam bahasa itali.. RINALDO berarti pekerja keras.. Pantang menyerah.

Sekitar 3 minggu lalu.. Alifa terdiagnosa mengalami katarak di matanya..

Apa itu katarak?

Katarak adalah perubahan lensa mata yang seharusnya jernih dan tembus pandang menjadi keruh, akibatnya obyek yang dilihat menjadi kabur dan meyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas. Normalnya lensa mata jernih. Bila terjadi proses katarak, lensa menjadi buram seperti kaca susu.

Kalau bahasa awamnya.  katarak itu semacam kekeruhan di lensa mata.. Jd lensa mata yang seharusnya bening seperti berkabut sehingga tdk dapat melihat dengan jelas..

Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang mengejutkan bagi saya.. Pertanyaan pertama.."kok bisa?" bukankah biasanya katarak terjadi pada orang dewasa atau bahkan orang tua diatas usia 50 atau 60thn?

Mengapa kattarak bisa terjadi pada anak atau bahkan bayi baru lahir?

Katarak pada bayi (katarak kongenitalis) dapat disebabkan oleh beberapa hal :

Keturunan ( genetic )
Terjadi infeksi ( Rubella, Toxoplasma, Cytomegalovirus, Cacar air ) pada tiga bulan pertama kehamilan.
Ada riwayat penyakit metabolic yang diturunkan

Sedangkan penyebab katarak pada anak antara lain :

Terjadinya benturan disekitar mata
Terlalu banyak terpapar sinar matahari
Bawaan dari lahir
Reaksi terhadap obat-obatan tertentu

Namun bertanya-tanya tentang penyebab juga tdk menyelesaikan masalah.. Meski saya pun akhirnya berkonsultasi dengan 3 dokter lainnya (total 4 dokter spesialis mata..)

Dokter mata pertama yang saya kunjungi adalah dokter tri ayu di RS Hasanah Graha Afiah depok..dokter kedua adalah Prof Rita Sitorus (di rspi namun  beliau jg praktek di rscm dan rs aini) yang ketiga kami mengunjungi Jakarta Eye Centre menteng dengan dr Gusti Suardana (praktek di rscm juga).. Dan dokter ke4 yang baru saja kami kunjungi adalah dr Amir Shidik subspesialis katarak di smec sebuah klinik eye centre di jl pemuda rawamangun (beliau jg praktek di rscm dan rs premier jatinegara)

Dari keempat konsultasi tersebut memang disimpulkan bahwa putri kecilku harus menjalani operasi katarak.. Meskipun pada awalnya berat untuk menerima kenyataan ini.. Namun kembali lagi saya percaya bahwa segala sesuatu ada hikmahNya dan tentu Allah swt tidak akan memberikan cobaan yang tdk sanggup hambaNya lalui.. Saya pun berusaha kuat dan ikhlas untuk putri kecilku.  karena sebagai seorang ibu tentu aku harus menjadi penyemangat terbesar baginya..

Akupun belajar untuk banyak bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah berikan.. Mungkin selama ini sebagai manusia aku seringkali kufur nikmat..

Semoga.. Putri kecilku diberikan jalan kesembuhan yang terbaik.. Dilancarkan segala proses penyembuhan yang harus ia lalui.. Smoga kami sekeluarga dapat mengambil hikmah dr semua peristiwa ini. Aamiin aamiin ya Rabb..

Semakin besar cintaku padamu..
Allah Swt
my dearest Alifa.. ALBY.. And my Husband

Tidak ada komentar:

Posting Komentar