Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers

7.11.15

My daughter was diagnosed (Part 2)

Dalam tulisan kali ini saya ingin menceritakan awal mula alifa didiagnosa mengalami katarak pada matanya di usia 2 tahun 10 bulan..

Seingat saya sejak bayi Alifa tidak memiliki masalah dengan penglihatannya.  namun sejak ia berusia sekitar 1 tahun atau 1.5tahun alifa mulai suka melihat dengan memincingkan mata atau ada yang sebut "nyureng"

Jujur saya sebagai orang awam dengan masalah kesehatan mata tidak merasa curiga dengan gangguan penglihatan alifa.. Hal ini juga dikarenakan anak kecil belum dapat mengeluh mengenai kesehatan matanya..

Saat usia 1 tahunan kami mulai menyadari alifa suka nyureng2 namun kami pikir itu hanya gaya alifa apabila bertemu orang baru karena ia sedang berpikir.. Namun yang pertama kali mengungkapkan kecurigaan adalah tante dari papa alifa yang tinggal d jakarta namun ketika mengunjungi kami di Balikpapan saat alby usia 3 bulan mulai mencurigai ada suatu kejanggalan dengan mata alifa..

Namun kami pun belum menganggap urgensi untuk memeriksakan alifa selain itu jg kesibukan mengurus 2 anak lumayan menyita energi dan pikiran.. Serta blm ada tanda2 yang mencurigakan..

November tahun lalu..kamipun pindah ke Jakarta.. Tante dr papa alifa kembali menanyakan mata alifa ketika kami berkunjung ke rumah.. Namun entah kenapa karena berbagai hal saya belum disadarkan juga...

Hingga beberapa bulan terakhir saya melihat cukup banyak kejanggalan dengan penglihatan alifa..

1. Alifa kalau jalan sering jatuh jatuh padahal usia sdh melewati 2.5thn mau 3 thn saya pikir dia mengalami gangguan perkembangan motorik rupanya dampak dari gangguan penglihatannya juga

2. Ketika berbelanja di indomaret terkadang meski saya hanya berjarak 1 atau 2 meter ia kesulitan mencari saya begitu pula apabila  berada di tempat baru ia seringkali menangis mencari-cari saya

3. Apabila ditunjukkan benda benda di langit ia pun seringkali tidak melihat

Terakhir ketika kedua nenek dan kakek alifa dari Padang datang ke Jakarta kami bersama sama pergi ke acara keluarga di Puncak dan tante dari suami kembali mendesak untuk memeriksakan alifa ke dokter.. Begitu pula nenek padang juga mengingatkan untuk memeriksakan alifa ke dokter mata.. Dikarenakan jadwal dokter yang sedang full.. Maka saya baru bisa memeriksakan alifa pada hari kamis di hari kepulangan nenek kakek kembali ke padang..

Saya memeriksakan alifa ke RS Hasanah Graha Afiah depok dengan dr Tri Ayu..dan diagnosa yang saya dapatkan adalah ada katarak di mata alifa. Jujur saya tidak pernah menyangka dan tidak pernah terlintas sedikitpun bahwa si gadis kecilku mengalami katarak selama ini...

Meskipun merupakan pukulan yang mengejutkan bagi saya.. Namun saya dan suami harus tetap kuat, sabar, ikhlas dan semangat mendampingi Alifa..

Kamipun mengunjungi 3 dokter spesialis mata lainnya.. Dengan hasil yang sama dan alifa pun harus dioperasi utk penyembuhan kataraknya.. Selain mencari 2nd 3rd opinion kami juga mencari kira-kira dokter yang sesuai dan komunikatif untuk pemeriksaan alifa.. Dokter yang kami kunjungi

1. Dr Tri Ayu SPM di RS Hasanah Graha Afiah
2. Prof Rita Sitorus di RSPI (praktek di rscm dan rs aini juga)
3. Dr Gusti Suardana di JEC Menteng (juga praktek di rscm dan JEC kedoya)
4. Dr Amir Shidik di SMEC Rawamangun (juga praktek di rscm dan rs premier katarak beliau subspesialis katarak dan direkomendasikan oleh dr mata pertama yg saya temui)

Saat ini kami berdoa agar ada jalan penyembuhan terbaik dan operasi berjalan lancar.. Kami belum menentukan kapan pastinya alifa akan dioperasi namun diperkirakan akhir desember atau awal januari.. Meski sebetulnya lebih cepat lebih baik.. Namun kami masih mencari waktu yang pas karena perawatan pasca operasi jg sangat penting utk pemulihan mata alifa..

Mohon doanya bagi siapapun yang mengenal alifa.. Kakek nenek om tante kakak adik dan teman2 sekalian.. Smoga alifa diberi kesembuhan oleh Allah swt dan dapat melihat secara jelas serta bertumbuh dengan optimal.. Aamiin

3 komentar:

  1. Aamiin. Insya Allah lancar semua. :)

    BalasHapus
  2. Semoga lancar2 ya ka deke. Semangattt!
    -dilla ardasy

    BalasHapus
  3. Semoga lancar2 ya ka deke. Semangattt!
    -dilla ardasy

    BalasHapus